Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Buku Tematik Terpadu Kelas 6 Semester 1 Kurikulum 2013 Revisi 2018

Buku Kelas 6 Revisi 2018

K13 Revisi 2018 - Selamat datang di blog pendidikan berkarakter, kali ini saya akan share Buku Tematik Kurikulum 2013 Revisi 2018 yang terdiri dari Buku Guru dan Buku Siswa yang bisa di download secara gratis pada link di akhir artikel ini.

Namun, sebelum Bapak/Ibu mendownload Buku K13 Kelas 6 Revisi 2018 Semester 1 silakan simak uarain singkat tentang buku guru dan buku siswa kelas 6 revisi 2018 berikut ini.
Pembelajaran Matematika dan PJOK masing-masing dilaksanakan sebagai mata pelajaran tersendiri dan menggunakan buku yang terpisah dari buku ini. Materi-materi terkait dengan Matematika dan PJOK dalam buku ini dapat digunakan sebagai penguatan dalam penguasaan Matematika dan PJOK. Pembelajaran Matematika dan PJOK sebagai mata pelajaran tersendiri tidak menambah total alokasi waktu.
Buku ini disusun agar guru mendapat gambaran yang jelas dan rinci dalam melak sanakan kegiatan pembelajaran. Buku ini berisi hal-hal berikut.
  1. Jaringan tema yang memberi gambaran kepada guru tentang suatu tema yang melingkupi beberapa kompetensi dasar (KD) dan indikator dari berbagai mata pelajaran. 
  2. Kegiatan pembelajaran tematik terpadu untuk menggambarkan kegiatan pembelajaran yang menyatu dan mengalir. 
  3. Pengalaman belajar yang bermakna untuk membangun sikap dan perilaku positif, penguasaan konsep, keterampilan berpikir saintifik, berpikir tingkat tinggi, kemampuan menyelesaikan masalah, inkuiri, kreativitas, dan pribadi reflektif.
  4. Berbagai teknik penilaian siswa.
  5. Informasi yang menjadi acuan kegiatan remedial dan pengayaan. 
  6. Kegiatan interaksi guru dan orang tua, yang memberikan kesempatan kepada orang tua untuk ikut berpartisipasi aktif melalui kegiatan belajarsiswa di rumah. 
  7. Petunjuk penggunaan buku siswa.

Baca juga : Buku K13 SD Kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6 Semester 1 & 2 Revisi 2018

Kegiatan pembelajaran di buku ini didesain untuk mengembangkan kompetensi (si kap, pengetahuan, dan keterampilan) siswa melalui aktivitas yang bervariasi.

Aktivitas tersebut meliputi hal-hal berikut. 
  1. Membuka pelajaran yang menarik perhatian siswa, seperti membacakan cerita, bertanya jawab, bernyanyi, permainan, demonstrasi, memberikan masalah, dan sebagainya. 
  2. Menginformasikan tujuan pembelajaran sehingga siswa dapat mengorganisasi Informasi yang disampaikan (apa yang dilihat, didengar, dirasakan, dan dikerjakan).
  3. Memantik pengetahuan siswa yang diperoleh sebelumnya agar siswa dapat mengaitkan pengetahuan terdahulu dan yang akan dipelajari. 
  4. Pemberian tugas yang bertahap guna membantu siswa memahami konsep.
  5. Penugasan yang membutuhkan keterampilan tingkat tinggi.
  6. Pemberian kesempatan untuk melatih keterampilan atau konsep yang telah dipe lajari. 
  7. Pemberian umpan balik yang akan menguatkan pemahaman siswa.

Bagaimana Menggunakan Buku Guru???

Buku Guru memiliki dua fungsi, yaitu sebagai petunjuk penggunaan buku siswa dan sebagai acuan kegiatan pembelajaran di kelas.

Mengingat pentingnya buku ini, disarankan memperhatikan hal-hal sebagaiberikut. 
  1. Bacalah halaman demi halaman dengan teliti.
  2. Pahamilah setiap Kompetensi Dasar dan Indikator yang dikaitkan dengan tema.
  3. Upayakan untuk mencakup KI-1 dan KI-2 dalam semua kegiatan pembelajaran. Guru diharapkan melakukan penguatan untuk mendukung pembentukan sikap, pengetahuan, dan perilaku positif. 
  4. Dukunglah ketercapaian KI-1 dan KI-2 dengan kegiatan pem biasaan, keteladanan, dan budaya sekolah. 
  5. Cocokkanlah setiap langkah kegiatan yang berhubungan dengan buku siswa sesuai dengan halaman yang dimaksud. 
  6. Kembangkan ide-ide kreatif dalam memilih metode pembelajaran. Temukan juga kegiatan alternatif apabila kondisi yang terjadi kurang sesuai dengan perencanaan (misalnya, siswa tidak dapat mengamati tanaman di luar kelas pada saat hujan).
  7. Beragam strategi pembelajaran yang akan dikembangkan (misalnya: siswa bermain peran, mengamati, bertanya, bercerita, bernyanyi, dan menggambar), selain melibatkan siswa secara langsung, diharapkan melibatkan warga sekolah dan lingkungan sekolah. 
  8. Guru diharapkan mengembangkan: (a) Metode pembelajaran aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan (pakem); (b) Keterampilan bertanya yang berorientasi pada kemampuan berpikir tingkat tinggi; (c) Keterampilan membuka dan menutup pembelajaran; dan (d) Keterampilan mengelola kelas dan pajangan kelas. 
  9. Gunakanlah media atau sumber belajar alternatif yang tersedia di lingkungan sekolah.
  10. Pada semester I terdapat 5 tema. Setiap tema terdiri atas 3 subtema. Masing-ma sing subtema diuraikan menjadi 6 pembelajaran. Setiap pembelajaran diharap kan selesai dalam 1 hari. 
  11. Tiga subtema yang ada direncanakan selesai dalam jangka waktu 3 minggu.
  12. Aktivitas minggu ke-4 berupa berbagai kegiatan yang dirancang sebagai aplikasi dari keterpaduan gagasan pada subtema 1–3. Berbeda dengan subtema 1–3, ke giatan minggu ke-4 diarahkan untuk mengasah daya nalar dan berpikir tingkat tinggi. Kegiatan dirancang untuk membuka kesempatan bertanya dan menggali informasi yang dekat dengan keseharian siswa. 
  13. Perkiraan alokasi waktu dapat merujuk pada struktur kurikulum. Meskipun demikian, alokasi waktu menurut mata pelajaran hanyalah petunjuk umum. Guru diharapkan menentukan sendiri alokasi waktu berdasarkan situasi dan kondisi di sekolah dan pendekatan tematik-terpadu.
  14. Buku siswa dilengkapi dengan bahan-bahan latihan yang sejalan dengan pencapaian kompetensi. 
  15. Hasil karya siswa dan bukti penilaiannya dapat dimasukkan ke dalam portofolio siswa. 
  16. Sebagai upaya perbaikan diri, buatlah catatan refleksi setelah satu subtema sele sai. Misalnya faktor-faktor yang menyebabkan pembelajaran berlangsung dengan baik, kendala-kendala yang dihadapi, dan ide-ide kreatif untuk pengembangan lebih lanjut. 
  17. Libatkan semua siswa tanpa kecuali dan yakini bahwa setiap siswa cerdas dalam keunikan masing-masing. Dengan demikian, pemahaman tentang kecerdasan majemuk, gaya belajar siswa, beragam faktor penyebab efektivitas, dan kesulitan belajar siswa sangat dibutuhkan. 
  18. Demi pencapaian tujuan pembelajaran, diperlukan komitmen guru untuk mendi dik sepenuh hati (antusias, kreatif, penuh cinta, dan kesabaran).

Tentang Buku Siswa K13 Kelas 6 Revisi 2018

  1. Buku Siswa merupakan buku panduan sekaligus buku aktivitas yang akan memudahkan para siswa terlibat aktif dalam pembelajaran.
  2. Buku Siswa dilengkapi dengan penjelasan lebih rinci tentang isi dan penggunaan buku sebagaimana dituangkan dalam Buku Guru.
  3. Kegiatan pembelajaran yang ada di Buku Siswa lebih merupakan contoh yang dapat dipilih guru dalam melaksanakan pembelajaran. Guru diharapkan mampu mengembangkan ide-ide kreatif lebih lanjut dengan memanfaatkan alternatifalternatif kegiatan yang ditawarkan di dalam Buku Guru atau mengembangkan ide-ide pembelajaran sendiri.
  4. Pada semester 1 terdapat 5 tema. Tiap tema terdiri atas 3 subtema yang diuraikan ke dalam 6 pembelajaran. Satu pembelajaran dialokasikan untuk 1 hari. Kegiatan pada setiap pembelajaran diarahkan untuk mengasah daya nalar dan kemampuan berpikir tingkat tinggi.
  5. Tiga subtema yang ada direncanakan selesai dalam jangka waktu 3 minggu. Pada minggu ke-4 diisi dengan kegiatan Aku Cinta Membaca, yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menumbuhkan rasa cinta membaca pada siswa.
  6. Struktur penulisan buku semaksimal mungkin diusahakan memfasilitasi pengalaman belajar bermakna yang diterjemahkan melalui subjudul Ayo Berdiskusi, Ayo Membaca, Ayo Menulis, Ayo Mengamati, Ayo Mencoba, Ayo Berlatih, Ayo Bernyanyi, Ayo Renungkan, dan Kerja Sama dengan Orang Tua.
  7. Buku ini dapat digunakan oleh orang tua secara mandiri untuk mendukung aktivitas belajar siswa di rumah.
  8. Pada setiap akhir pembelajaran terdapat saran-saran untuk kegiatan bersama antara siswa dan orang tua. Bagian ini berisi aktivitas belajar yang dilakukan anak bersama orang tua di rumah serta saran agar anak dan orang tua bisa belajar dari lingkungan. Orang tua diharapkan berdiskusi dan terlibat dalam aktivitas belajar siswa.
  9. Buku Siswa ini berbasis kegiatan (activity based) sehingga memungkinkan bagi para siswa dan guru untuk melengkapi materi dari berbagai sumber.
  10. Di sekolah, guru dan siswa dapat mengembangkan dan/atau menambah kegiatan sesuai kondisi dan kemampuan sekolah, guru, dan siswa, yang dimaksudkan untuk memberikan pemahaman lebih terhadap pengetahuan yang dipelajari, keterampilan yang dilatih, dan sikap yang dikembangkan. Di rumah, orang tua bersama siswa dapat mengembangkan dan/atau menambah kegiatan sesuai kondisi dan kemampuan orang tua dan siswa.
  11. Kegiatan-kegiatan dalam buku ini sebisa mungkin memaksimalkan potensi semua sumber belajar yang ada di lingkungan sekitar. Setiap kegiatan dapat disesuaikan dengan kondisi siswa, guru, sekolah, dan lingkungan.
  12. Pada beberapa bagian dalam Buku Siswa ini diberikan ruang bagi siswa untuk menuliskan laporan, kesimpulan, penyelesaian soal, atau tugas lainnya. Namun, sebaiknya dalam menuliskan berbagai tugas tersebut siswa tidak terpancang pada ruang yang diberikan. Apabila dirasa kurang, siswa dapat menuliskannya pada buku tugas.

Download Buku Kelas 6 Revisi 2018

Bagi Bapak/Ibu Guru yang membutuhkan buku guru dan buku siswa k13 kelas 6 revisi 2018 silakan download pada link berikut ini:

Buku Guru Kelas 6 Revisi 2018


Buku Siswa Kelas 6 Revisi 2018 Semester 1


Buku Guru Kelas 6 Revisi 2018 Semester 2

Buku Guru Kurikulum 2013 Kelas 6 Revisi 2018 Tema 6 Download
Buku Guru Kurikulum 2013 Kelas 6 Revisi 2018 Tema 7 Download
Buku Guru Kurikulum 2013 Kelas 6 Revisi 2018 Tema 8 Download
Buku Guru Kurikulum 2013 Kelas 6 Revisi 2018 Tema 9 Download

Buku Siswa Kelas 6 Revisi 2018 Semester 2

Buku Siswa Kurikulum 2013 Kelas 6 Revisi 2018 Tema 6 Download
Buku Siswa Kurikulum 2013 Kelas 6 Revisi 2018 Tema 7 Download
Buku Siswa Kurikulum 2013 Kelas 6 Revisi 2018 Tema 8 Download
Buku Siswa Kurikulum 2013 Kelas 6 Revisi 2018 Tema 9 Download


Demikian info tentang Kelas 6 Semester 1 Kurikulum 2013 Revisi 2018 

Terima Kasih sudah membaca artikel ini, semoga buku guru dan buku siswa k13 kelas 6 revisi 2018 pdf ini bermanfaat bagi bapak/ibu guru serta pembaca semuanya dimanapun berada.

Artikel yang sedang anda baca ini berjudul buku Buku Tematik Terpadu Kelas 6 Semester 1 Kurikulum 2013 Revisi 2018. Link artikel ini adalah https://www.sanjayaops.com/2018/05/buku-tematik-terpadu-kelas-6-semester-1.html.